Semua bisnis online dan berita ada KlikRedONE
BELAJAR BISNIS ONLINE: Minta Dalai Lama Kembali, 2 Biarawan China Bakar Diri

Minta Dalai Lama Kembali, 2 Biarawan China Bakar Diri

Beijing - Seorang pria Tibet dan seorang pria lainnya tewas setelah membakar dirinya hidup-hidup di China. Pria tersebut melakukan pembakaran diri karena hendak melakukan protes terhadap pemerintahan China.

Seperti diberitakan AFP, Minggu (8/1/2012), Ini adalah ke-14 kalinya dalam setahun terakhir kejadian serupa terjadi di China. Insiden bakar diri ini terjadi Jumat (6/12) lalu di dekat biara Kirti di Provinsi Sichuan.

Keduanya adalah biarawan Kirti. Salah satu biarawan yang berusia 18 tahun meninggal di sebuah kamar hotel setelah membakar dirinya dan pria lainnya yang berusia 22 dirawat di rumah sakit setelah membakar dirinya.

Salah seorang saksi mata mengatakan, pria yang berumur 22 tahun meminta kembalinya Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet, sebelum akhirnya membakar dirinya. Api yang membakar pria itu kemudian berhasil dipadamkan dan dirinya dibawa ke suatu tempat oleh petugas keamanan.

Hasil investigasi pihak keamanan mengatakan pria itu terlibat dalam sejumlah pencurian, termasuk kasus pencurian patung Buddha di biara Kirti.

Banyak orang Tibet di Cina menuduh pemerintah telah melakukan penindasan agama dan mengikis budaya mereka. China menolak tuduhan itu dan mengatakan orang Tibet saat ini menikmati kebebasan beragama dan investasi yang besar telah membawa modernisasi dan standar hidup yang lebih baik.

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar

Beri Komentar atau kalau ada pertanyaan dan saran bisa anad tulis di bawah sini.